Laman

Rabu, 06 Oktober 2010

Browsing Privacy pada Mozilla Firefox

Tulisan ini untuk pengguna Firefox versi 3.5 keatas. Bagi pengguna yang masih menggunakan versi sebelumnya dapat mengunduh disini .  
Unduh Firefox 3.6
 Cara mengetahui versi Firefox, buka Firefox kemudian klik menu Help, kemudian klik About Mozilla Firefox.
Pengaturan privacy antara lain berkaitan dengan pengaktifan/penonaktifan : pengingat sejarah browsing, pengingat sejarah download dan pengingat sejarah searching (pencarian) .
Tentu saja keinginan aktif atau non aktif tergantung dari keperluan.

Jika komputer digunakan banyak orang dan tidak ingin diketahui tentang apa yang pernah dikunjungi, apa yang pernah didownload dan apa yang pernah dicari, tentu saja harus non aktif, dan SEBALIKNYA jika ingin mempermudah dan mempercepat berinternet, dan atau ingin mengontrol apa yang pernah dilakukan oleh si buah hati yang masih diabawah umur ya harus diaktifkan.
Pengaturan yang berkaitan dengan sejarah diatas pada browser Firefox dikenal dengan "Private browsing sesion", dapat dilakukan dengan sekali klik untuk menonaktifkan semuanya, atau pilihan salah satu diantara tiga sejarah.Caranya :
Klik menu Tools, klik Options, klik Privacy, kemudian mencentang/tidak mencentang Automatically start firefox in private browsing sesion untuk mengaktifkan/tidak mengaktifkan pengingat ketiga sejarah diatas.
Jika ingin mengatur secara terpisah diantara ketiganya, maka Automatically start firefox in private browsing sesion harus tidak dicentang, dan barulah bisa mencentang/tidak mencentang salah satu/dua dari ketiganya.
Perhatian : cookies dan sub menunya sebaiknya tetap dicentang. Posting mengenai cookies menyusul.

Salam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar