Laman

Rabu, 14 September 2011

Mempercepat upload foto di Facebook

Kamera digital sekarang pada umumnya mempunya ukuran pixel lebih besar dari 6 mega pixel sehingga ukuran filenya menjadi besar yaitu minimal sekitar 1500 KB.
Dengan ukuran file sebesar ini,  maka pada umumya untuk meng upload ke Facebook atau web anda akan memakan waktu yang lama (tentu tergantung juga pada kecepatan koneksi internet anda) dan hal ini sangat membosankan, apalagi kalau anda akan membuat sebuah album dengan  jumlah file yang banyak.

Untuk mengatasi masalah ini anda dianjurkan untuk memperkecil ukuran file sampai kira-kira menjadi sekitar 50-100 KB. Banyak software editor gambar yang dapat anda gunakan untuk keperluan ini, salah satunya adalah software bawaan Windows yaitu Paint. Hanya saja oftware ini kurang "handy" digunakan karena
agak repot dalam menentukan berapa % harus dikecilkan ukurannya agar mencapai yang diinginkan. Software (umum) yang lain mungkin bisa langsung mengontrol ukuran (seperti ACDSee misalnya), namun juga masih mengandung kesulitan karena harus dilakukan satu-persatu pada masing-masing foto anda sehingga jika ada banyak foto yang akan di upload, cukup makan waktu juga. Belum lagi mungkin akan timbul masalah penurunan kualitas gambar.
Ada software gratisan "PhotoRazor" (web  http://www.stormdance.net) yang bisa mengecilkan foto secara ber "rombongan" satu folder sekaligus (berapapun jumlah file nya) dengan tetap menjaga kualitas foto.
 Software ini dengan setting default nya mampu mengcilkan ukuran foto yang semula 1300 KB menjadi hanya 32 KB, sementara Paint bawaan Windows dan ACDSee hanya mampu mengecilkan ukuran menjadi antara 70 - 120 KB., jadi masih lebih besar dari yang dihasilkan oleh PhotoRazor.
Tampilan menu software ini seperti berikut :
Cara menggunakan :
  1. Select photos dengan meng klik Choose folder, anda diminta memilih folde foto yang akan dikecilkan. Untuk itu anda dianjurkan  mengumpukan terlebih dahulu foto yang akan di upload dalam satu folder.
  2. Jika anda awam/malas utak atik setting kualitas/ukuran gambar dll., lewatkan saja menu 2 dan 3, langsung saja klik Resize Photo,
Hasilnya akan terlihat di sub folder "small photos" dari folder induk foto yang yang anda pilih.
Software ini bisa anda download dengan KLIK DISINI

Selamat membuat album

Tidak ada komentar:

Posting Komentar