Laman

Rabu, 18 Januari 2012

Mengubah dokumen ke PDF

Mengapa harus mengubah dokumen ke PDF ?
Bermula dari ide untuk membuat kantor "tanpa kertas" yang sudah dicita-citakan sejak lama. Untuk menghilangkan kertas sama sekali dan menjadikannya dokumen elektronik merupakan hal yang tidak mudah. Pertama kali harus di set terlebih dahulu standard tunggal untuk file elektroik yang akan digunakan. Tahun 1993 Adobe System memperkenalkan format dokumen elektronik yang sekarang dikenal secara luas dengan Portable Document Format (PDF).

PDF mempunyai beberapa keuntungan antara lain :

  • PDF file dapat dibaca oleh semua sistem operasi seperti Windows, Mac OS, Linux, Solaris.
  • Dokumen bisa dikontrol secara penuh antara lain dengan memberikan enkripsi dan atau kata sandi untuk berbagai level seperti editing atau printing.
  • Dapat mempertahankan format printing seperti dokumen aslinya. Suatu file dokumen akan berubah settingnya (font, margin header dll) jika dibuka di komputer lain sehingga akan berakibat berubahnya nomor halaman maupun letak gambar dll.
  • Ukuran file relatif kecil sehingga lebih cepat terkirim via e-mail.
  • Mempersulit orang lain untuk merubah isi dokumen karena PDF tidak bisa diedit secara lansung seperti file dokumen. (harus dikonversi terlebih dahulu ke file dokumen aslinya)
Software untuk mengkonversi file dokumen ke PDF tersedia cukup banyak baik yang gratisan atau berbayar, dan bagi anda pengguna MS Office 2007 (Word, Excel dan Power Point), tersedia program kecil yang terintegrasi didalamnya sehingga untuk merubah dokumen anda tinggal mengikuti langkah File Save As PDF or XPS seperti pada gambar berikut.

File installer dapat di download DISINI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar