Laman

Minggu, 16 Oktober 2011

Menyanyilah demi Kesehatan

"Teruslah bernyanyi di kamar mandi, jangan pedulikan kata tetangga"

Ini bisa mengurangi rasa sakit dan memperpanjang umur Anda.

Menyanyi dapat menurunkan detak jantung, tekanan darah, dan stres,
kata Patricia Preston-Roberts, musik terapis yang praktek di kota New York.
Patricia menggunakan lagu untuk mengobati pasien yang menderita berbagai kondisi psikologis dan fisiologis. Menurut dia, beberapa orang yang mengalami trauma sering ingin "meninggalkan tubuh/fisiknya" degan menggunakan suara/teriakan mereka. Katanya pula, menyanyi juga dapat memblokir jalur saraf yang membawa rasa sakit."

Menurut Suzanne Hanser, ketua departemen terapi musik di Berklee College of Music, bernyanyi memiliki keunggulan dari pada obrolan sehari-hari karena menyanyi memiliki intonasi, melodi, dan irama, yang memberi ruang lebih luas untuk mengekspresikan diri,

Bagaimana jika tidak bisa menyanyi?
Anda bisa menggunakan teknik vokal. Sebuah penelitian di Italia yang dipublikasikan dalam British Medical Journal menunjukkan bahwa mengulangi doa-doa dengan keras dapat membantu Anda bernapas lebih efisien. "Selain efek psikologis membaca doa, ada juga efek fisik yang mencolok, kata penulis Luciano Bernardi, MD. Mengeluarkan suara berulang-ulang dapat memperlambat pola pernapasan, sehingga lebih dalam dan teratur. Kecepatan pernapasan akan melambat, pertukaran udara menjadi lebih efisien sehingga membantu meningkatkan kadar oksigen dalam darah.
Terapi suara telah digunakan dalam rehabilitasi pasien jantung, namun orang yang sehat bisa mendapatkan keuntungan juga, kata Bernardi. Dia merekomendasikan untuk setidaknya satu jam sehari melakukan beberapa bentuk pengulangan vokal. Anda bisa melafalkan "Doa-doa" . (Barangkali ini penjelasan manfaat doa rosario atau ber dzikir menurut kacamata ilmiah ?. wallahualam).

Nah jika anda "merasa" bisa bernyanyi, maka bernyanyilah dengan benar untuk menerima manfaat kesehatan yang optimal, kata Patricia. Berlatihlah menyanyi dengan perut, bukan tenggorokan. Soal nyanyi perut tanyalah pada guru vocal.

Repot dengan menyanyi perut ?, ternyata terapi musik vokal tidak terbatas pada menyanyikan lagu-lagu dengan lirik, akan tetapi bisa juga dengan sekedar mengeluarkan kata sederhana secara berulang dengan nada tertentu , yang disebut "Toning", misalnya seperti LA LA LA, EEE, OOO, atau AAA atau lainnya. Toning adalah pijat sonik," kata Patrici. "Tubuh memijat dirinya melalui getaran dari musik tonal."

(Diambil dari tulisan Marisa Lowenstein dengan HAK CIPTA 2005 Weider Publikasi dan HAK CIPTA 2005 Gale Grup)

OK, selamat bernyanyi di kamar mandi, jangan pedulikan omongan orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar