Laman

Jumat, 10 Juni 2011

Motor Udang

Sekilas motor ini mirip seekor udang besar. Tangki hingga buritan seakan jadi badan, sedangkan penyangga roda depan yang panjang nan "ajaib" itu bak sungut.

Christian Dotson membuat motor chopper-nya seakan mau patah di bagian depan, tetapi ternyata tidak. Sebab, sebenarnya tiang roda depan itu kokoh dan sistematis. Ia lantas menamainya Swingshot, mungkin karena tiang depannya mengandalkan lengan ayun.

Jika dilihat lebih saksama, maka Christian bersama perusahaannya, Dotson Design, juga memasangkan per daun yang dipasang terbalik dan sistem kemudi ala mobil.

Masih soal kaki depan,
pegangan suspensi depan dibuat dengan sudut 30 derajat. Inilah kuncinya mengapa suspensi motor tersebut seakan "sigap" dan responsif meredam guncangan, apalagi untuk sepeda motor serebah dan sepanjang ini.

Pengerjaannya memakan waktu 14 bulan. Sejak awal Christian sudah mengambil ancang-ancang bahwa ia akan mengetengahkan kesan vintage, tetapi juga eksploratif pada karyanya ini. Poin eksploratif itu tentu sudah jelas terlihat bagaimana sistem kemudi motor tersebut.

Mesinnya menggunakan hasil custom buatan Accurate Engineering dengan model dasar mesin Panhead dari Harley Davidson yang sedianya diproduksi pada 1948-1965. Tenaga mesin disalurkan ke roda melalui transmisi kaki 5-percepatan.

Untuk menguatkan kesan vintage, ia bersama Dotson Design lantas membuat nyaris semua potongan tubuh motor ini, antara lain saluran buang dan hisap, klakson, tangki, sepatbor, setang, perangkat kemudi, saluran bahan bakar, pijakan, jok, suspensi, dan sistem kelistrikan. Sebenarnya masih ada lagi.

Lalu, satu yang juga unik, ia hanya mengandalkan satu rem (untuk roda belakang). Ini berbahaya, memang, karena daya henti laju jadi tidak maksimal. Walau begitu, motor dengan roda depan berukuran 21 inci dan belakang 19 inci (lebar tapi lebih pendek) ini sudah "dikalungi" berbagai penghargaan, seperti AMD World Championships Freestyle Champion dan Grand National Roadster Show "America’s Most Beautiful Motorcycle".

Sumber : Kompas otomotif

8 komentar:

  1. motor udang brati motor goblok = otak udang

    mobil baru
    http://goo.gl/fW3nCw

    BalasHapus
  2. Anonim3/2/14

    Victor = vikiran kotor

    BalasHapus
  3. nice share. nice post. semoga bermanfaat bagi kita semua :)
    keep update!
    mobil terbaik

    BalasHapus
  4. mobil keren3/3/14

    terima kasih atas informasinya..
    semoga dapat bermanfaat bagi kita semua :) Mobil keren

    sukses selalu

    BalasHapus
  5. terima kasih atas informasinya..
    semoga dapat bermanfaat bagi kita semua :) Mobil baru honda

    BalasHapus
  6. double cabin20/3/14

    terima kasih atas informasinya
    sungguh bermanfaat artikel ini..thanks for share
    double cabin

    BalasHapus
  7. lamborghini veneno4/4/14

    Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
    keep update!Lamborghini veneno

    BalasHapus
  8. Anonim15/4/14

    terima kasih atas informasinya..
    semoga dapat bermanfaat bagi kita semua :) Vidi Aldiano

    BalasHapus