Laman

Sabtu, 09 Oktober 2010

Security pada Mozilla

Membaca posting terdahulu tentang privacy pada browser mozilla firefox, saya ingin sedikit sharing mengenai security/keamanan.
Untuk mempercepat anda ber internet mozilla mempunyai fasilitas mengingat password untuk web yang pernah andaa kunjungi misalnya saja webmail, twitter, facebook bahkan internet banking. Tentu saja ini hanya khusus untuk komputer pribadi. Kalau komputer umum wah, bisa celaka.

Untuk memeriksa pengaturan security, klik menu Tools, kemudian Options, selanjutnya Security.
Maka akan muncul jendela security dengan pilihan antara lain Remember passwords for sites.
Kalau pilihan ini tercentang maka jika anda klik saved password maka akan muncul jendela yang berisi alamat-alamat web dan username yang pernah anda kunjungi dan kalau dilanjutkan dengan klik Show Password akan muncul pula passwordnya (setelah anda dikonfirmasi dengan pertanyaan Are you sure you wish to show your passwords? dan anda klik Yes).

Untuk keamanan, kalau anda berada di komputer umum, periksalah terlebih dahulu security ini. Kalau Remember passwords for sites nya tercentang, maka sebelum anda browsing hilangkanlah centangnya terlebih dahulu.

Nah sekarang kalau anda ingin mengingat password di komputer rumah, namun cukup aman dari intipan orang serumah (atau kebetulan ada yang pinjam pakai) , maka pada menu Security, centang lah pilihan Use a master password, selanjutnya anda akan diminta untuk memasukkan password induk (dan akan diminta mengulang 1 kali lagi kemudian klik OK). Setelah hal ini anda lakukan, maka jika ada yang iseng klik Saved password, untuk mengintip password anda, akan diminta memasukkan password induk terlebih dahulu.
OK, selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar